Scroll untuk melanjutkan
Panduan Lengkap : Cara Main Harvest Moon Back to Nature di Android

Panduan Lengkap : Cara Main Harvest Moon Back to Nature di Android

Cara Main Harvest Moon: Back to Nature di Android

Rasanya, bermain game Harvest Moon: Back to Nature di jaman sekarang itu mengingatkan kita tentang masa kecil yang bahagia dan sungguh berasa nostalgia.

Mungkin dulu game ini hanya bisa dimainkan di Console PS1, namun karena perkembangan teknologi, HMBTN kini sudah bisa di mainkan di berbagai platform seperti Android, Windows, dan Linux.

Untuk itu, kamu tidak perlu khawatir, jika ingin Main Harvest Moon Back to Nature di Android karena sekarang, game ini sudah bisa dinikmati melalui hanya dengan HP Android.

Mengenal Game Harvest Moon: Back to Nature

Sebelum masuk ke panduan installasi, kami akan memberikan sedikit informasi bagi kamu yang masih sedikit asing tentang game Harvest Moon, utamanya bagi Gen-Z.

Jadi, Game Harvest Moon BTN ini diterbitkan di jepang oleh Natsume pada 16 Desember 1999 dengan Genre RPG.

Di dalam permainan ini, kamu akan menjalankan karakter pria bernama Jack yang dalam ceritanya mendapatkan warisan berupa lahan perkebunan dan peternakan dari Kakenya yang telah meninggal.

Ia dituntut untuk bisa merawat lahan itu agar bisa kembali terlihat rapih dan terawat seperti dimasa kakeknya masih hidup.

Dilahan yang cukup besar ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan, diantaranya merawat hewan ternak seperti Ayam, Sapi, dan Domba. Juga melakukan aktifitas berkebun seperti menanam buah dan sayur.

Tidak hanya beternak dan berkebun. Ada banyak aktifitas yang bisa di lakukan layaknya kehidupan nyata seperti memasak, bersosialisasi dengan penduduk desa, mengikuti event atau kegiatan lomba, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi HP Untuk Main Harvest Moon BTN

Perlu diperhatikan bahwa developer game Harvest Moon atau lebih tepatnya developer Emulator memiliki batasan tertentu terkait spesifikasi HP agar bisa menikmati game ini.

Dan berikut ini spesifikasi HP yang disarankan agar bisa main HMBTN dengan lancar dan settingan rata kanan.

Komponen Minimum Rekomendasi
OS Android 6.0Android 11
CPU 1,5 GHz 2,2 GHz
RAM 1 GB 4 GB
Storage eMMC 1 GB UFS 2 GB

Cara Main Harvest Moon Back to Nature di Android

Masuk pada pembahasan utama, bagaimana cara bermain game HMBTN di Android.

Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi emulator yang berfungsi menjalankan game PS1 di Android. Untuk lebih jelasnya, berikut ini panduan lengkap cara main Harvest Moon BTN di Android.

Download File Game dan BIOS

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendownload kedua file di bawah ini, yaitu file game HMBTN dan file BIOS.

Harvest Moon Back to Nature B.Indo Fix 26.1 MB
BIOS (scph1001.bin) 512 KB

Download Aplikasi Duckstation dan ZArchiver

Selanjutnya download dan Install juga aplikasi Emulator DuckStation dan ZArchiver melalui Playstore berikut ini.

DuckStation
DuckStation 14 MB
ZArchiver
ZArchiver 5 MB

Ekstrak File Game

Karena file game yang didownload terbungkus dalam format file .7z, maka yang perlu dilakukan adalah meng-ekstrak filenya terlebih dahulu menggunakan aplikasi ZArchiver.

Buka aplikasi ZArchiver, kemudian cari file game yang telah didownload tadi. Biasanya file yang telah didownload terletak di Memory Internal » Download.

Lokasi File Download Harvest Moon Back to Nature

Ekstrak file game Harvest Moon Back to Nature dengan cara klik nama file kemudian pilih Ekstrak ke ./<Archive name>/. Maka file akan ter-ekstrak ke dalam folder Harvest Moon Back to Nature.

Ekstrak File Game Harvest Moon BTN

Jalankan Emulator Duckstation

Buka aplikasi Duckstation, dan kamu akan dihadapkan pada tampilan awal bertuliskan Welcome to DuckStation seperti pada gambar berikut ini.

Welcome to Duckstation

Klik tulisan Next di sudut kanan bawah untuk melanjutkan.

Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada halaman Settings, untuk melakukan pengaturan dasar emulator. Ikuti saja settingan sesuai dengan gambar di bawah ini.

Settingan Dasar Duckstation

Sedikit penjelasan mengenai Settingan yang ada pada gambar di atas.

  • Theme : Biarkan sesuai dengan pengaturan sistem.
  • GPU Render : Biarkan Automatic.
  • Resolution Scale : Fungsinya mengatur kejernihan game yang dimainkan. di sini kami memilih 3x (for 720p). Semakin tinggi akan semakin jernih, namun harus disesuaikan dengan spesifikasi HP yang digunakan.
  • Aspect Ratio : Ini untuk mengatur ukuran layar. Silahkan atur sesuai keinginan, namun di sini kami menggunakan rasio 16:9 sesuai dengan ukuran HP Android yang kami gunakan.
  • Emulation Screen Orientation : ini untuk mengatur orientasi layar. Jika ingin dimainkan dalam posisi HP di putar ke samping maka gunakan Landscape. Dan jika posisi HP berdiri gunakan Potrait.

Selebihnya, ikuti saja sesuai gambar kemudian klik Next untuk melanjutkan.

Pada halaman selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada halaman BIOS. Di sini kamu haru memasukkan file Bios yang telah kamu unduh tadi. Silahkan klik Import BIOS, kemudian cari file Bios yang telah didownload dengan nama scph1001.bin, biasanya berada di Memory Internal » Download.

Import Bios Duckstation

Setelah file Bios dipilih, akan muncul notifikasi bahwa proses import bios berhasil. Klik Next untuk melanjutkan.

Bios Duckstation Berhasil diimport

Di halaman selanjutnya kamu akan dihadapkan pada menu Game Directories. Kamu diminta untuk menentukan folder game yang ingin di mainkan. Caranya, klik tombol plus (+) dan cari folder game Harvest Moon yang telah diekstrak tadi, letaknya ada di Memory Internal » Download » Harvest Moon Back to Nature.

Game Directories Duckstation

Kemudian klik Gunakan Folder Ini. dan konfirmasi lagi untuk mengizinkan mengakses folder gamenya. Klik Next untuk melanjutkan.

Konfirmasi Game Directories Duckstation

Kamu selanjutnya berpindah ke halaman Setup Complete, kemudian klik Finish.

Mainkan Game HMBTN

Semua settingan dasar telah di lewati, kini saatnya memainkan game Harvest Moon Back to Nature.

Untuk mulai memainkan game HMBTN, klik game Harvest Moon BTN yang ada pada daftar tampilan layar dan tunggu beberapa saat permainan akan dimulai.

Mainkan Game Harvest Moon Back to Nature

Dan berikut ini adalah tampilan game Harvest Moon Back to Nature di HP Android menggunakan emulator Duckstation.

Berhasil Mainkan Game Harvest Moon Back to Nature

Cara Menggunakan Cheat Harvest Moon BTN

Seperti saat bermain Harvest Moon di Consol Gim, kamu juga bisa menerapkan cheat saat bermain di HP Android dengan emulator Duckstation.

Adapun langkahnya sebagai berikut.

  • Saat kamu sedang berada di dalam permainan, klik tombol Pause di sudut kanan atas layar untuk menampilkan menu.
  • Pada menu scroll ke bawah dan klik Patch Codes.
  • Klik Yes untuk memberi izin penggunaan cheat.
  • Dan kamu akan melihat deretan kode cheat yang bisa langsung diterapkan.
  • Untuk mengaktifkan kode, centang salah satu kode yang diinginkan. kemudian klik OK.

Daftar cheat code yang tersedia untuk game Harvest Moon BTN secara default memang cukup terbatas. Kamu bisa menambahkan kode cheat secara manual dengan klik Add dan masukkan cheat kodenya.

Kamu butuh Cheat Harvest Moon Back to Nature yang lengkap dari A-Z? jangan khawatir, kami sudah pernah membuat artikelnya, klik tombol di bawah ini untuk membaca artikelnya.Cheat HMBTN

Tanya Jawab Seputar HMBTN di Android

Jika kamu baru pertama kali memainkan game HMBT di Android dengan menggunakan emulator Duckstation, mungkin ada banyak hal yang belum kamu ketahui tentang HMBTN dan Duckstation.

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering di lontarkan pembaca terkait Harvest Moon BTN dan Emulator yang digunakan ini.

Bagaimana Cara Save Permainan
Klik tombol Pause di sudut kanan atas layar » klik Save State. Atau kamu bisa save game dengan tekan (X) pada buku yang ada samping tempat tidurmu, kemudian pilih Tulis dalam Diary.
Apa Harvest Moon Bisa Untuk HP Kentang?
Bisa!, kamu hanya perlu menuju ke menu pengaturan grafik dan set sesuai dengan spesifikasi HP yang kamu gunakan. Tentu saja, efeknya mungkin akan membuat tampilan gambar sedikit kurang bagus.
Kenapa Tidak Pakai Emulator ePSXe?
Karena aplikasinya berbayar dan mahal. Duckstation memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan ePSXe, salah satunya adalahnya banyaknya menu settingan yang bisa diatur sesuka hati, dan yang terpenting gratiss.

Kesimpulan | Cara Main Harvest Moon Di Android

Bernostalgia dengan game Harvest Moon Back to Nature memang sangat menyenangkan. Dulu mungkin hanya bisa di mainkan di Console PS1. Tapi kini bisa juga di mainkan di HP Android.

Pengalaman bermain di Android dibuat semakin menyenangkan dengan banyaknya opsi untuk membuat game ini terlihat lebih realistis.

Ada pula fitur yang sangat membantu saat bermain yaitu Save State. Dimana kita dapat menyimpan permainan kapan pun dan dimanapun.

Bagaimana menurutmu? Apa bermain HMBTN di HP Android sudah cukup membuatmu bernostalgia? atau masih merasa bingung dan kesulitan? Tinggalkan komentarmu sekarang jugaa.

Belum Ada Komentar